Inti dari ALGORITMA

Algoritma adalam jantung ilmu kompuer dan informatika. Banyak cabang dari ilmu komputer yang diacu dalam TERMINOLOGY ALGORITMA. Algoritma berasal dari kata ALGORISM yang berarti proses menghitung.

Kata Algorsm diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi.

Seorang Ahli Matematika, Astronomi, Astrologi, dan Geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwarizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850 di Baghdad. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad.

Buku pertamanya adalah AL-JABAR, yaitu membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga ia disebut sebagai Bapak Aljabar.


Definisi Algoritma

Sebuah Algoritma merupakan deskripsi langkah - langkah pelaksana suatu proses. Sebuah proses dikerjakan oleh pemproses berdasarkan Algoritma yang diberikan.

Setiap langkah penyelesaian dinyatakan dengan sebuah pernyataan (Statement). Sebuah pernyataan menggambarkan aksi (action) Algoritmik yang dieksekusi, bila suatu aksi dieksekusi, maka sejumlah operasi yang bersesuaian dengan aksi itu dikerjakan oleh pemroses.

Kesimpulan beberapa pengertian Algoritma yang dapat disederhanakan, yaitu :

1. Urutan langkah - langkah untuk memecahkan suatu masalah.
2. Deretan langkah - langkah komputasi yang mentransformasikan data masukkan menjadi keluaran.
3. Deretan Instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas.
4. Prosedur Komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukkan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran.

Struktur Dasar Algoritma

Terdapat tiga komponen pokok statement atau instruksi dalam Algoritma, antara lain :

1. Assignment Statement.
2. I/O Statement.
3. Control Statement.
Tambahan : 4. Call Statement.
5. Return Statement.

Algoritma merupakan langkah - langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah - langkah yang dimaksud yaitu runtutan aksi (squence), Pemilihan Aksi (selection) dan pengulangan aksi (loop).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel